1. Identifier (Pengenal)
Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan
variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi.
Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan dalam pascal, antara lain:
-Tidak boleh dimulai dengan karakter
non huruf
-Tidak boleh ada spasi
-Tidak boleh menggunakan
karakter-karakter
~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { }
[ ] : " ; ' < > ? , . / |
-Tidak
boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++.
2. Reserved Words (Keywords)
n Representasi alternatif dari operator, tidak
dapat digunakan sebagai identifier.
n Contoh :
and, and_eq, bitand, bitor, compl,
not, not_eq, or, or_eq, xor, xor_eq
n Bahasa C++ adalah bahasa yang
"case sensitive", ini berarti identifier yang dituliskan dengan huruf
kapital akan dianggap berbeda dengan identifier yang sama tetapi dituliskan
dengan huruf kecil.
n Contoh : variabel RESULT tidak sama
dengan variable result ataupun variabel Result.
3. TIPE
DATA
a. Tipe
data berfungsi untuk mempresentasikan jenis dari sebuah nilai yang terdapat
dalam program.
b. Dalam
C++ terdapat beberapa tipe data dasar yang telah didefinisikan yaitu:
a) Tipe
bilangan bulat (integer)
Digunakan untuk data-data angka
yang tidak mengandung angka dibelakang koma. Misalnya 3, 21, 78, dll.
Contoh
#include <iostream.h>
main()
{
int
x; //mendeklarasikan variabel x dengn tipe data int
x=3; //melakukan assigment terhadap variabel
x
cout
<<“Nilai x adalah “<<x;
getch();
}
b) Tipe
Bilangan Desimal (floating-point)
Adalah tipe yang mempresentasikan
data-data bilangan yang mengandung angka dibelakang koma, misalnya 3.16, 21.5,
dll.
Tipe data Float = 32 bits,
double = 64 bits, dan long double = 80 bits.
Contoh:
#include <iostream.h>
main()
{
double y;
y = 27.55; //melakukan
assigment terhadap variabel y
cout <<“Nilai y adalah “<<y;
getch();
}
Contoh
#include <iostream.h>
main()
{
int
x; //mendeklarasikan variabel x dengn tipe data int
x=3; //melakukan assigment terhadap variabel
x
cout
<<“Nilai x adalah “<<x;
getch();
}
c)
Tipe Logika (boolean)
Tipe ini mempresentasikan
data-data yang hanya mengandung dua buah nilai, yaitu nilai logika (boolean)
yang terdiri dari nilai benar (direpresentasikan dengan nilai 1) dan nilai
salah (direpresentasikan dengan nilai 0).
d) Tipe Karakter / String
Tipe ini merepresentasikan
data-data yang berupa karakter, dan dinyatakan dengan tipe char,
sedangkan untuk string dinyatakan dengan pointer dari tipe char yaitu char*.
Contoh Tipe String
#include <iostream.h>
main()
{
char Karakter ='A';
char nama ="Abdillah Tsuraya
Putra";
char Jurusan[20]="Teknik
Informatika";
cout <<Karakter<<endl;
cout <<nama<<endl;
cout <<Jurusan<<endl;
getch();
}
Tabel Tipe Data
0 komentar:
Posting Komentar